Senin, Februari 26, 2024
Beranda Riau PEKANBARU Januari Hingga September 2023, 8.986 Orang di Riau Terpapar HIV/AIDS

Januari Hingga September 2023, 8.986 Orang di Riau Terpapar HIV/AIDS

Jagariau – PEKANBARU – Terhitung sejak Januari hingga September 2023, sedikitnya 8.986 orang terpapar HIV/AIDS (ODHA) di Provinsi Riau. 3.890 orang di antaranya telah mencapai stadium AIDS.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin saat Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Riau, Senin (27/11/23). Penemuan kasus HIV Provinsi Riau saat ini mencapai 81 persen dari 11.093 estimasi penyebaran HIV di Provinsi Riau.

Dikatakan Zainal, temuan kasus HIV/AIDS di Provinsi Riau mengarah kepada populasi umum, dimana jumlah terbesar berada di Kota Pekanbaru dengan temuan kasus sebanyak 5.244 orang.

“Temuan kasus pada ibu rumah tangga menduduki ranking ketiga terbesar dan jika dikelompokkan kedalam kelompok usia maka temuan kasus HIV terbesar banyak ditemukan pada kelompok umur 25 – hingga 45 tahun. Usia ini merupakan usia produktif,”jelasnya.

Zainal menyebut, temuan kasus pada homoseksual di 2023 ini lebih tinggi dibandingkan dengan temuan kasus AIDS akibat perilaku heteroseksual yakni 57:69 orang.

“Hal ini perlu mendapatkan perhatian kita semua khususnya dalam hal penyebaran HIV/AIDS baru. Karena dampaknya cukup serius,”ungkapnya.

Zainal menjelaskan, Pemerintah Provinsi Riau telah melakukan upaya untuk menanggulangi HIV/AIDS. Hal ini dilakukan dengan ditetapkannya Perda Nomor 4 tahun 2006 tentang Penanggulangan HIV/AIDS dan kelembagaan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau.

“HIV/AIDS merupakan masalah sosial kemasyarakatan dan pembangunan oleh karena itu upaya penanggulangan HIV/AIDS harus diintegrasikan ke dalam Program Pembangunan Nasional Provinsi dan Kabupaten Kota,”ucapnya.(Bil/Ckp)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments